July 4, 2022

Mengulas Lebih Jauh Tentang Indeks dan Basis Data Ditetapkan

Mengulas Lebih Jauh Tentang Indeks dan Basis Data Ditetapkan – Sebelum publikasi sains menjadi lebih tersedia secara online, para peneliti menemukan artikel melalui indeks tercetak. Indeks, dalam pengaturan perpustakaan, adalah daftar artikel atau publikasi lain dalam suatu disiplin atau topik.

Mengulas Lebih Jauh Tentang Indeks dan Basis Data Ditetapkan

indexunlimited – Ini memberikan informasi bibliografi seperti penulis, judul, di mana ia diterbitkan (lihat gambar, “Contoh Indeks Cetak”), dan terkadang abstrak. Informasi ini membantu peneliti dalam menemukan publikasi dan memutuskan apakah publikasi tersebut relevan dengan topiknya, tetapi indeks itu sendiri tidak menyediakan konten lengkapnya (umumnya dikenal sebagai teks lengkap). Science Citation Index (SCI) dan Social Science Citation Index (SSCI) dulu dan terus menjadi indeks yang sering digunakan dalam sains.

Baca Juga : Bagaimana Cara Pengindeksan Bekerja

Konversi dari Cetak ke Online.

Indeks, yang secara tradisional tersedia dalam format cetak, semakin tersedia secara online. Mereka juga mulai menyediakan akses ke artikel dan publikasi lengkap. Ini menjadi dikenal luas sebagai database dalam bidang perpustakaan dan sekarang digunakan untuk mencari informasi seperti artikel, disertasi, dan sumber lain yang didistribusikan oleh penerbit ilmiah dan komersial.

Menggunakan Indeks dan Database.

Untuk mencari informasi secara efektif, kenali indeks dan database yang berfokus pada bidang subjek Anda. Lihat halaman indeks dan basis data untuk mengidentifikasi yang tersedia melalui Perpustakaan FAU (afiliasi non-FAU harus berkonsultasi dengan perpustakaan/pusat informasi institusi atau komunitas mereka untuk melihat apa yang mereka tawarkan). Catat fitur indeks dan basis data seperti antarmuka pencarian, kosakata terkontrol, dan tambahan lainnya. Meskipun indeks dan database dapat membantu peneliti mengidentifikasi apa yang telah diterbitkan dalam disiplin ilmunya, akses ke teks lengkap mungkin tidak tersedia. Pahami pengiriman dokumen institusi Anda atau layanan pinjaman antar perpustakaan yang dapat membantu memperoleh materi yang tidak segera tersedia.

Pencarian Tangan atau Manual. Sementara artikel dan sumber dapat ditemukan melalui indeks dan database, banyak sarjana juga menelusuri, membalik, atau membaca sekilas isi jurnal yang terkait dengan topik mereka dan isu-isu yang diterbitkan sebelumnya. Para sarjana akan sering menemukan artikel yang relevan atau yang menarik. Pencarian indeks dan database menghasilkan banyak artikel, tetapi pencarian manual atau manual sering kali dapat menemukan sumber yang mungkin terlewatkan, sering dikenal dalam pencarian perpustakaan sebagai kebetulan! Ini dapat dilakukan selain pencarian indeks dan database.

Bagaimana dengan Google?

Google , mesin pencari internet yang populer, adalah indeks halaman web. Ini adalah alat untuk menemukan halaman web dan dapat membantu mengidentifikasi beberapa sumber informasi; Google sendiri bukanlah sumber informasi langsung seperti buku atau artikel jurnal. Teknologinya mencari konten halaman web dan beberapa dokumen, dan kemudian menyediakan tautan ke sana.

Google Cendekia

dirancang untuk mencari halaman web akademik, penelitian, dan pemerintah. Namun, ia memiliki kemampuan terbatas untuk mencari sumber khusus seperti database. Banyak basis data dan sumber informasi lainnya tidak menyediakan akses langsung melalui Google karena pembatasan lisensi dan praktik bisnisnya; sementara Google Cendekia dapat menyediakan artikel ilmiah dalam daftar hasil, perusahaan penerbitan yang memiliki konten memerlukan pembelian untuk itu dan sering kali menyediakan akses melalui paywall di mana pembaca mungkin diminta membayar untuk melihatnya. Google adalah sumber daya yang paling umum digunakan untuk menemukan konten di web, tetapi hanya menggunakan Google Cendekia tidak memberikan pencarian informasi yang lengkap atau menyeluruh . Alih-alih, gunakan dalam kombinasi dengan basis data khusus subjek dan pencarian manual saat mencari informasi untuk penelitian Anda.

Layanan Berbasis Langganan

Pernahkah Anda diminta untuk membayar artikel ilmiah ketika Anda menemukannya di internet? Ini dikenal sebagai paywall. Dengan pengecualian penerbit akses terbuka, penerbit akademis komersial seperti Elsevier dan vendor seperti EBSCO dan ProQuest menjual akses ke publikasi dan artikel mereka; mereka tidak gratis! Mereka berbasis langganan di mana perpustakaan atau organisasi lain membayar biaya dan mengikuti lisensi yang menyediakan jurnal online, eBook, video streaming, dan materi lainnya kepada siswa dan afiliasi mereka.

Kondisi akses umumnya ditentukan oleh kontrak layanan dan lisensi antara perpustakaan dan perusahaan informasi ini. Karena kontak ini, akses ke sumber daya elektronik ini biasanya dibatasi untuk afiliasi; untuk FAU, mahasiswa, staf, dan fakultas saat ini adalah pengguna yang disetujui. Untuk mengakses sumber-sumber ini, pengguna perlu mengotentikasi diri mereka sendiri; di FAU, afiliasinya menggunakan OpenAthens. Untuk menghindari paywalls atau membayar sendiri untuk artikel jurnal, afiliasi FAU dapat menggunakan sumber informasi Perpustakaan FAU (dan mengotentikasi diri Anda sendiri saat di luar kampus ) atau menggunakan Pinjaman Antar Perpustakaan (ILL) untuk meminta materi yang tidak dapat diakses oleh perpustakaan. Sekali lagi, lihat perpustakaan/pusat informasi lokal atau institusi Anda untuk layanan yang sebanding.

Leave a Reply

Your email address will not be published.