February 6, 2023

Pengindeksan dalam DBMS: Apa itu, Jenis Indeks

Pengindeksan dalam DBMS: Apa itu, Jenis Indeks – Pengindeksan ini itu merupakan salah satu teknik yang ada dari struktur pada data yang sangat bisa sangat memungkinkan Anda saat ini dengan cepat untuk mengambil sebuah catatan yang ada dari file di database.

Pengindeksan dalam DBMS: Apa itu, Jenis Indeks

indexunlimited – Indeks merupakan sebuah tabel yang sangat kecil yang saat ini hanya dimiliki oleh dua jenis kolom. Kolom pertama yang sudah terdiri dari salinan dari primary ataupun key candidate yang ada dari sebuah tabel. Kolom kedua berisi satu set pointer untuk menyimpan alamat blok disk tempat nilai kunci tertentu disimpan.

Baca Juga : Mengulas Fungsi Index Dalam Publishing

Indeks Utama di DBMS

Indeks Utama adalah file yang dipesan dengan ukuran panjang tetap dengan dua bidang. Bidang pertama sama dengan kunci utama dan yang kedua, yang diajukan diarahkan ke blok data tertentu. Di Indeks utama, selalu ada hubungan satu lawan satu antara entri dalam tabel indeks.

Pengindeksan utama dalam DBMS juga dibagi lagi menjadi dua jenis.

  • Indeks Padat
  • Indeks Jarang

Indeks Padat

Dalam indeks padat, catatan dibuat untuk setiap kunci pencarian yang dinilai dalam database. Ini membantu Anda untuk mencari lebih cepat tetapi membutuhkan lebih banyak ruang untuk menyimpan catatan indeks. Dalam Pengindeksan ini, catatan metode berisi nilai kunci pencarian dan menunjuk ke catatan nyata pada disk.

Indeks Jarang

Ini adalah catatan indeks yang ditampilkan hanya untuk beberapa nilai dalam file. Indeks Jarang membantu memecahkan masalah pengindeksan padat di DBMS. Teknik pengindeksan ini menyimpan alamat blok data yang sama di area kolom indeks, dan jika data perlu diambil, alamat blok diambil. Namun, indeks jarang memelihara catatan indeks dengan sejumlah kecil nilai kunci pencarian.

Indeks Sekunder dalam DBMS

Indeks sekunder DBMS dapat saat ini bisa dihasilkan oleh bidang yang memiliki nilai unik untuk setiap catatan dan harus menjadi kunci kandidat. Ini juga dikenal sebagai indeks non-clustering. Teknik pengindeksan basis data dua tingkat ini digunakan untuk mengurangi ukuran gambar tingkat pertama. Untuk alasan ini, banyak karakter dipilih untuk level pertama. Ukuran pemetaan selalu tetap kecil.

Contoh Indeks Sekunder

Mari kita pahami pengindeksan sekunder dengan contoh indeks basis data: Dalam database rekening bank, data disimpan secara berurutan oleh acc_no; Anda mungkin ingin menemukan semua akun di cabang bank ABC tertentu. Di sini, Anda dapat memiliki indeks sekunder di DBMS untuk setiap kunci pencarian.

Indeks Pengelompokan di DBMS

Terkadang Indeks dibuat pada kolom kunci non-utama yang mungkin tidak unik untuk setiap catatan. Dalam sebuah situasi yang seperti itu, Anda juga dapat mengelompokkan dua ataupun lebih kolom untuk mendapatkan nilai unik dan membuat indeks yang disebut Indeks berkerumun. Ini juga membantu Anda mengidentifikasi catatan lebih cepat.

Contoh:

Mari kita asumsikan bahwa sebuah perusahaan merekrut banyak karyawan di berbagai departemen. Dalam hal ini, pengindeksan pengelompokan dalam DBMS harus dibuat untuk semua karyawan yang termasuk dalam departemen yang sama. Itu dianggap dalam satu cluster, dan poin indeks menunjuk ke cluster secara keseluruhan. Di sini, Department _no adalah kunci non-unik. Apa itu Indeks Multilevel? Pengindeksan Multilevel di Database dibuat ketika indeks utama tidak muat di memori. Dalam jenis metode pengindeksan ini, Anda dapat mengurangi jumlah akses disk menjadi pendek catatan apa pun dan disimpan di disk sebagai file berurutan dan membuat basis yang jarang pada file itu.

Indeks B-Tree

Indeks B-tree adalah struktur data yang banyak digunakan untuk pengindeksan berbasis pohon di DBMS. Ini adalah format multilevel pengindeksan berbasis pohon dalam teknik DBMS yang memiliki pohon pencarian biner seimbang . Semua simpul daun dari pohon B menandakan penunjuk data aktual. Selain itu, semua simpul daun saling terkait dengan daftar tautan, yang memungkinkan pohon B untuk mendukung akses acak dan berurutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *