September 30, 2022

Mengapa Pengindeksan Situs Web Harus Dimiliki oleh Pemasar

Mengapa Pengindeksan Situs Web Harus Dimiliki oleh Pemasar – Berapa banyak yang Anda ketahui tentang indeksasi situs web? Jika hampir tidak ada, Anda tidak sendirian. Pengindeksan situs web bukanlah sesuatu yang Anda lakukan sebagai pemasar, tetapi proses yang dilakukan mesin pencari saat Anda mempublikasikan konten baru secara online.

Mengapa Pengindeksan Situs Web Harus Dimiliki oleh Pemasar

indexunlimited – Yang perlu diketahui pemasar adalah bagaimana memastikan Anda telah menyiapkan pengindeksan dengan benar. Situs web yang diindeks membantu situs atau halaman benar-benar muncul di hasil mesin pencari — yang biasanya merupakan langkah pertama untuk menentukan peringkat dan menghasilkan lalu lintas.

Baca Juga : Cara Mencegah Google Mengindeks Halaman Web Tertentu

Sekarang setelah kita membahas mengapa situs web yang diindeks penting untuk SEO, mari kita jelajahi bagaimana Anda dapat bersiap untuk mengindeks situs Anda sendiri, selanjutnya.

Apa Artinya Mengindeks Situs Web Anda?

Singkatnya, pengindeksan situs web adalah proses yang digunakan mesin pencari untuk memahami fungsi situs web Anda dan setiap halaman di situs web itu. Ini membantu Google menemukan situs web Anda, menambahkannya ke indeksnya, mengaitkan setiap halaman dengan topik yang dicari, mengembalikan situs ini ke halaman hasil mesin pencari (SERP), dan pada akhirnya mengarahkan orang yang tepat ke konten Anda.

Pikirkan tentang cara kerja indeks di buku: ini adalah catatan kata-kata dan informasi berguna yang memberikan lebih banyak konteks tentang suatu subjek. Itulah tepatnya yang dilakukan pengindeksan situs web dalam konteks halaman hasil mesin pencari (SERP). Apa yang Anda lihat di mesin pencari bukanlah internet. Ini adalah indeks mesin pencari internet. Ini penting karena tidak setiap halaman yang Anda publikasikan secara online dijamin mendapat perhatian mesin pencari. Sebagai pemilik situs web, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk menambahkannya ke indeks ini. Google mengindeks situs web yang memiliki beberapa komponen utama. Lihatlah mereka di bawah ini:

  • Selaras dengan pencarian populer.
  • Dinavigasi dengan mudah untuk membentuk beranda situs web.
  • Ditautkan ke dari halaman lain di dalam dan di luar domain situs Anda.
  • Tidak “diblokir” dari indeksasi dari penggunaan metatag tertentu (Lebih lanjut tentang itu nanti).
  • Ini karena kata kunci seperti ping ke mesin pencari: Ini memberi tahu Google tentang konten Anda dalam beberapa kata, yang dapat diteruskan kembali ke permintaan pencarian.

Memiliki kata kunci hanyalah salah satu faktor yang dipertimbangkan Google sebelum mengindeks situs web. Kebutuhan lainnya termasuk tidak memiliki halaman atau tautan yang “rusak”, atau desain web yang rumit yang mencegah pengguna menemukan halaman dengan mudah atau memahami pertanyaan yang dijawab oleh halaman tersebut. Di bagian selanjutnya, kita akan melihat mengapa Google mempertimbangkan hal-hal tertentu saat mengindeks situs web dan cara mengindeks situs web Anda.

Pengindeksan situs web adalah proses di mana mesin pencari menambahkan konten web ke indeksnya. Ini dilakukan dengan “merangkak” halaman web untuk kata kunci, metadata, dan sinyal terkait yang memberi tahu mesin pencari jika dan di mana harus memberi peringkat konten. Situs web yang diindeks harus memiliki strategi konten yang dapat dinavigasi, ditemukan, dan dipahami dengan jelas.

Memiliki situs web yang diindeks memastikan situs Anda mampu muncul di hasil mesin pencari. Jika situs web Anda tentang jaringan B2B, misalnya, melihat kata kunci seperti “bisnis-ke-bisnis” dan “jaringan” di situs Anda dapat membantu Google memahami bagaimana konten Anda terkait dengan penelusuran ini. Namun, perlu diingat bahwa kesegaran konten (seberapa baru diterbitkan), serta halaman lain mana yang tertaut ke dalamnya, juga memainkan peran kunci dalam kemampuan Google untuk menemukan dan mengindeks situs Anda. Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih menyeluruh tentang apa itu pengindeksan situs web, mari kita bahas berapa lama prosesnya, dan bagaimana membuat Google mengindeks situs Anda.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan Google untuk mengindeks situs web?

Google tidak terlalu selektif untuk mengindeks situs web. Bahkan, itu akan mengindeks situs apa pun yang memenuhi kriteria. Meskipun bervariasi, dibutuhkan waktu mulai dari beberapa hari hingga beberapa minggu bagi Google untuk merayapi situs web. Ada beberapa faktor yang sedikit memengaruhi seberapa cepat Google mengindeks situs web, seperti popularitas situs web, pengoptimalan yang tepat, dan struktur keseluruhan situs web. Kesalahan umum dapat memengaruhi apakah Google mengindeks situs atau tidak. Untuk mempersiapkan, bersabarlah, periksa desain situs web Anda, dan perbarui situs jika Anda merasa perlu.

Praktik Terbaik Pengindeksan Situs Web

Yah, pertama, kami akan lalai jika kami tidak menyarankan Anda mengaudit situs Anda menggunakan Website Grader gratis HubSpot . Gunakan alat ini untuk mengidentifikasi apa titik kesulitan SEO terbesar situs Anda, dan bagaimana masalah ini dapat memengaruhi kemampuan indeks domain Anda.

Selanjutnya, simak tipsnya di bawah ini.

Lacak halaman setelah dipublikasikan.

Secara umum, alasan paling umum sebuah situs web tidak diindeks adalah karena masih baru. Ini bisa terjadi pada Anda, terutama jika Anda telah menutupi dasar Anda, memastikan halaman tidak mengandung tag “noindex”, memiliki strategi penautan yang jelas, dan dengan mudah berhubungan dengan halaman lain di situs Anda.

Pastikan Anda tidak memblokir pengindeksan dengan “noindex.”

Situs dengan tag “noindex” akan memblokir kemampuan Google untuk mengindeks halaman web. Salah satu alasan halaman web mungkin memiliki tag ini adalah jika itu hanya dimaksudkan untuk dilihat oleh pelanggan tertentu, sehingga Google tidak akan menemukannya dan menampilkannya sebagai hasil pencarian kepada publik.

Buat halaman yang dapat dirayapi.

Selanjutnya, pastikan situs web Anda dirancang agar dapat dirayapi. Periksa untuk melihat apakah versi situs Anda memblokir kemampuan mesin telusur untuk mengindeks. Google memiliki daftar periksa tentang cara melakukannya di situs web dukungan mereka di sini , tetapi beberapa aturan umum termasuk membuat peta situs, memberi tahu Google tentang konten duplikat, dan menggunakan tag khusus yang dipahami Google.

Siapkan pengalihan dan lacak lalu lintas setelah migrasi situs.

Terakhir, jika Anda baru saja memigrasikan situs Anda , itu mungkin alasan mengapa Google tidak merayapi domain baru. Jika situs Anda untuk sementara tidak tersedia untuk jangka waktu tertentu, kemungkinan Google menemukan kesalahan perayapan saat mengindeks situs Anda, dan tidak dapat menyelesaikan prosesnya. Anda juga harus memastikan pengalihan 301 telah disiapkan untuk mengarahkan lalu lintas dari domain lama Anda ke domain baru Anda. Setelah situs web Anda siap untuk diindeks oleh Google, inilah yang perlu Anda lakukan:

Cara Mengindeks Situs Web Anda di Google

Pertama, Anda perlu memverifikasi situs web Anda di Search Console Google. Ini berarti Anda akan mengonfirmasi kepada Google bahwa Anda adalah pemilik situs web. Selanjutnya, Anda harus meminta Google untuk merayapi URL situs web Anda. Untuk mengatasi masalah migrasi/pengindeksan, pastikan bahwa jika situs Anda baru saja dipindahkan, Anda mengikuti panduan Google untuk memindahkan situs sehingga Anda dapat memastikan alamat baru Anda diindeks dengan benar di mesin telusur. Ingat, halaman web yang rusak — terbukti dengan kode kesalahan “404” — atau sulit dibaca Google mungkin tidak akan diindeks.

Selain itu, mengoptimalkan situs web termasuk menambahkan kata kunci ke halaman web, posting blog, dan URL, serta mengarsipkan konten. Panduan kami untuk SEO adalah penyelaman mendalam yang bagus untuk mengoptimalkan konten situs web , serta penyegaran untuk memeriksa pekerjaan Anda sebelum meminta pengindeksan. Memiliki situs web yang diindeks membutuhkan sedikit waktu dan kesabaran. Dengan melakukan pekerjaan mengoptimalkan konten situs web sebanyak mungkin sebelum mengirim permintaan ke Google, prosesnya akan lebih lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.