December 9, 2021
Google Mengklasifikasi Pengindeksan Seluler dan Kegunaan Seluler

Google Mengklasifikasi Pengindeksan Seluler dan Kegunaan Seluler

Google Mengklasifikasi Pengindeksan Seluler dan Kegunaan Seluler – John Mueller dari Google mengklarifikasi perbedaan utama antara kegunaan seluler dan pengindeksan seluler pertama yang mungkin mengejutkan pengguna Google Search Console.

Google Mengklasifikasi Pengindeksan Seluler dan Kegunaan Seluler

Google Mengklasifikasi Pengindeksan Seluler dan Kegunaan Seluler

indexunlimited – Selama hangout Pusat Webmaster Google pada 11 Januari, seorang pengguna bertanya tentang laporan yang bertentangan antara alat kegunaan seluler dan alat pengindeksan yang mengutamakan seluler di Google Search Console.

Singkatnya, ada sekumpulan halaman yang lulus uji kegunaan seluler Search Console tetapi tidak muncul sebagai halaman yang siap untuk memprioritaskan selulerpengindeksan, dan sebaliknya.

Baca juga : Inspeksi URL, Metode Menanggulangi Permasalahan Pengindeksan Artikel

Mueller menjawab bahwa ini diperlakukan sebagai laporan yang benar-benar terpisah, halaman dapat ditampilkan tidak dapat digunakan di seluler, tetapi masih dipindahkan ke pengindeksan yang mengutamakan seluler dan sebaliknya juga benar.

Jawaban ini mengejutkan banyak pengguna, karena banyak yang memperlakukannya sebagai alat yang saling berhubungan untuk membantu menyiapkan mereka untuk pengindeksan yang mengutamakan seluler.

Jadi, apa perbedaan sebenarnya antara keduanya?

Pengindeksan Seluler Pertama vs. Kegunaan Seluler
Meskipun keduanya merupakan indikator kinerja situs web Anda, keduanya mengukur dua hal yang berbeda:

Pengindeksan Mobile-first mengacu pada pergeseran Google untuk menggunakan konten seluler melalui desktop untuk pengindeksan dan peringkat. Di sini, Google merayapi situs web dengan agen ponsel cerdas untuk melihat apakah situs web itu responsif di seluler. Google memberi tahu Anda melalui konsol pencarian saat halaman Anda dipindahkan ke pengindeksan yang mengutamakan seluler.

Kegunaan Seluler mengacu pada apakah halaman Anda berfungsi di perangkat seluler. Laporan Kegunaan Seluler di Google Search Console melihat apakah laman Anda benar-benar dapat digunakan di perangkat seluler – atau jika ada fungsi yang diblokir.

Bahkan ketika didefinisikan, masih mudah untuk melihat mengapa ada kebingungan.

Mueller memberikan klarifikasi lebih lanjut tentang perbedaan tersebut, dengan menyatakan:

“Sebuah situs dapat atau tidak dapat digunakan dari sudut pandang seluler, tetapi masih dapat berisi semua konten yang kami perlukan untuk pengindeksan yang mengutamakan seluler.

Contoh ekstrem, jika Anda mengambil sesuatu seperti file PDF….[O]n seluler itu akan sangat buruk untuk dinavigasi. Tautan akan sulit diklik, teks akan sulit dibaca.

Tetapi semua teks masih ada di sana, dan kami dapat mengindeksnya dengan sempurna dengan pengindeksan yang mengutamakan seluler.”

Pada dasarnya, jika agen ponsel cerdas Google dapat merayapi semua teks, dan dapat ditampilkan di perangkat seluler, maka teks tersebut dapat ditambahkan ke pengindeksan yang mengutamakan seluler. Namun, itu tidak selalu berkorelasi dengan dapat digunakan di seluler.

Jika situs Anda disetujui di seluler, masih ada banyak kesalahan yang menciptakan pengalaman pengguna yang negatif di seluler.

Beberapa kesalahan kegunaan seluler yang umum meliputi:

Plugin yang tidak kompatibel – Jika halaman web Anda menggunakan plugin yang tidak didukung di perangkat seluler.

Konten lebih lebar dari layar – Pengaturan yang mengharuskan pengguna menggulir secara horizontal di ponsel untuk membaca semua konten halaman.

Teks terlalu kecil untuk dibaca – Teks diskalakan di ponsel ke ukuran font yang terlalu kecil untuk dibaca oleh pengguna biasa tanpa memperbesar.

Elemen yang dapat diklik terlalu berdekatan – Tautan, CTA, atau tombol apa pun yang terlalu dekat satu sama lain – artinya pengguna tidak dapat mengeklik salah satu dengan nyaman tanpa mengetuk yang lain secara tidak sengaja.

Jelas, Anda tidak ingin situs Anda pindah ke pengindeksan yang memprioritaskan seluler dengan kesalahan ini masih ada.

Hal ini dapat menyebabkan pengguna meninggalkan situs Anda lebih cepat (atau terpental ), yang dapat berdampak negatif terhadap peringkat Anda di mesin telusur dari waktu ke waktu.

Di sisi lain, laporan kegunaan seluler bebas kesalahan tidak menunjukkan bahwa situs web Anda siap untuk pindah ke pengindeksan yang mengutamakan seluler.

Google menyatakan di blog mereka bahwa ketika sebuah situs web dianggap tidak siap untuk beralih ke pengindeksan mobile-first, mereka sering melihat dua kesalahan ini muncul:

Data terstruktur tidak ada di halaman seluler – Data terstruktur membantu Google memahami apa yang ada di halaman Anda. Jika Anda memiliki data terstruktur di situs desktop tetapi tidak ada di seluler, data tersebut tidak akan dipertimbangkan saat dipindahkan ke pengindeksan yang memprioritaskan seluler.

Teks alternatif gambar hilang di ponsel – Jika Anda tidak memiliki teks alternatif gambar, Google tidak dapat melihat gambar apa itu – jadi Anda kehilangan kata kunci tersebut untuk membantu peringkat halaman Anda.

Praktik terbaiknya adalah membuat situs Anda memiliki atribut yang identik dengan pengalaman desktop Anda.

Hal-hal seperti data terstruktur dan teks alternatif penting untuk SEO, dan tidak disetujuinya pengindeksan seluler pertama adalah Google memberi tahu Anda bahwa ada data kunci dari situs seluler Anda yang mungkin memengaruhi cara Google mengindeks dan memberi peringkat halaman Anda.

Dipersiapkan
Pencarian seluler dengan cepat menjadi metode yang disukai di antara pengguna, dan perusahaan perlu memperhatikan hal itu.

Google telah meluncurkan beberapa alat untuk membantu pemasar mempersiapkan pengindeksan yang mengutamakan seluler, tetapi penting untuk mengetahui tujuan di balik setiap alat, dan apa arti sebenarnya dari hasil untuk situs web Anda.

Pemasar harus memperhatikan pengindeksan yang mengutamakan seluler dan kegunaan seluler, tetapi penting untuk memahami perbedaannya:

Jika situs web Anda dipindahkan ke pengindeksan yang mengutamakan seluler, ini tidak berarti situs web Anda memiliki pengalaman seluler yang hebat (atau bahkan dapat digunakan). Gunakan alat kegunaan seluler untuk menemukan kesalahan untuk menjadikannya pengalaman yang luar biasa bagi pengguna Anda.

Jika situs web Anda memiliki pengalaman seluler yang luar biasa, itu tidak berarti siap untuk pengindeksan yang mengutamakan seluler. Anda tidak ingin melakukan semua upaya ini untuk mengoptimalkan pengalaman seluler Anda, hanya untuk mengetahui bahwa hanya ada satu masalah kecil yang membuat Anda tidak patuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *