August 11, 2022

Cara Untuk Membangun Indeks Domain

Cara Untuk Membangun Indeks Domain – Indeks domain adalah indeks yang perilakunya spesifik untuk industri, fungsi bisnis, atau tujuan khusus lainnya. Sebagai pengembang kartrid, Anda menentukan detail perilaku ini, seperti yang dijelaskan dalam bab ini.

Cara Untuk Membangun Indeks Domain

Ikhtisar Jenis Indeks dan Indeks Domain

indexunlimited – Aindeks domain adalah indeks yang dirancang untuk domain khusus, seperti pemrosesan spasial atau gambar. Pengguna dapat membuat indeks domain dari jenis tertentu setelah perancang membuattipe indeks. Indextypes merangkum metode pencarian dan pengambilan untuk domain yang kompleks seperti teks, spasial, dan pemrosesan gambar. Jenis indeks mirip dengan indeks yang disertakan dengan server Oracle. Perbedaannya adalah Anda menyediakan perangkat lunak aplikasi yang mengimplementasikan tipe indeks.

Baca Juga : Mengulas Lebih Jauh Tentang Indeks dan Basis Data Ditetapkan

Tipe indeks memiliki dua komponen utama:

  • Metode yang mengimplementasikan perilaku tipe indeks, seperti membuat dan memindai indeks
  • Operator yang didukung oleh tipe indeks, seperti ContainsorOverlaps

Untuk membuat tipe indeks:

  • Tentukan operator yang didukung dan buat fungsi yang mengimplementasikannya
  • Buat metode yang mengimplementasikan ODCIIndexantarmuka, dan tentukan tipe yang merangkumnya, yang disebutjenis implementasi
  • Buat tipe indeks, tentukan tipe implementasi dan daftarkan operator denganikatan

Metode Definisi Indeks

Metode definisi indeks Anda dipanggil saat pengguna mengeluarkan pernyataan CREATE, ALTER, DROP, atau TRUNCATEpada indeks tipe indeks Anda.

ODCIIndexBuat

Ketika pengguna mengeluarkan CREATE INDEXpernyataan yang mereferensikan tipe indeks, Oracle memanggil ODCIIndexCreate()metode Anda, meneruskannya parameter apa pun yang ditentukan sebagai bagian dari pernyataan CREATE INDEX… PARAMETERS(…), ditambah deskripsi indeks.

Biasanya, metode ini membuat tabel atau file yang Anda rencanakan untuk menyimpan data indeks. Kecuali tabel dasar kosong, metode ini juga harus membangun indeks.

ODCIIndexAlter

Saat pengguna mengeluarkan ALTER INDEXpernyataan yang mereferensikan tipe indeks Anda, Oracle memanggil ODCIIndexAlter()metode Anda, meneruskan deskripsi indeks domain yang akan diubah bersama dengan parameter yang ditentukan. Metode ini juga dipanggil untuk menangani ALTER INDEXdengan opsi REBUILDatau RENAME. Apa yang perlu dilakukan metode Anda bergantung pada sifat indeks domain Anda, jadi detailnya diserahkan kepada Anda sebagai perancang tipe indeks.

ODCIIndexDrop

Ketika pengguna menghancurkan indeks tipe indeks Anda dengan mengeluarkan DROP INDEXpernyataan, Oracle memanggil ODCIIndexDrop()metode Anda.

ODCIIndexTruncate

Saat pengguna mengeluarkan TRUNCATEpernyataan terhadap tabel yang berisi kolom atau atribut tipe objek yang diindeks oleh tipe indeks Anda, Oracle memanggil ODCIIndexTruncate()metode Anda. Metode ini harus membiarkan indeks domain kosong.

Metode Pemeliharaan Indeks

Metode pemeliharaan indeks Anda dipanggil saat pengguna mengeluarkan INSERT, UPDATE, dan DELETEpernyataan pada tabel dengan kolom atau atribut tipe objek yang diindeks oleh tipe indeks Anda.

ODCIIndexInsert

Saat pengguna menyisipkan catatan, Oracle memanggil ODCIIndexInsert()metode Anda, meneruskannya nilai baru di kolom yang diindeks dan pengidentifikasi baris yang sesuai.

Penghapusan Indeks ODCI

Saat pengguna menghapus catatan, Oracle memanggil ODCIIndexDelete()metode Anda, meneruskannya ke nilai lama di kolom yang diindeks dan pengidentifikasi baris yang sesuai.

Pembaruan Indeks ODCI

Saat pengguna memperbarui catatan, Oracle memanggil ODCIIndexUpdate()metode Anda, meneruskannya nilai lama dan baru di kolom yang diindeks dan pengidentifikasi baris yang sesuai.

Metode Pemindaian Indeks

Metode pemindaian indeks Anda menentukan implementasi berbasis indeks untuk mengevaluasi predikat yang berisi operator yang didukung oleh tipe indeks Anda. Pemindaian indeks melibatkan metode untuk inisialisasi, mengambil baris atau pengidentifikasi baris, dan membersihkan setelah semua baris dikembalikan.

ODCIIndexFetch

Oracle memanggil ODCIIndexFetchmetode () Anda untuk mengembalikan pengidentifikasi baris dari kumpulan baris berikutnya yang memenuhi predikat operator, meneruskannya data status yang dikembalikan oleh ODCIIndexStart() atau ODCIIndexFetchpanggilan () sebelumnya. Predikat operator ditentukan dalam istilah ekspresi operator (nama dan argumen) dan batas bawah dan atas pada nilai yang dikembalikan operator. Jadi, ODCIIndexFetch() harus mengembalikan pengidentifikasi baris dari baris yang nilai pengembalian operatornya berada dalam batas yang ditentukan. Untuk menunjukkan akhir pemindaian indeks, kembalikan file NULL.

ODCIIndeksTutup

Oracle memanggil ODCIIndexClosemetode () Anda saat kursor ditutup atau digunakan kembali, meneruskannya ke status saat ini. ODCIIndexClose() harus melakukan operasi pembersihan atau penutupan apa pun yang diperlukan tipe indeks Anda.

Metode Metadata Indeks

Metode ODCIIndexGetMetadataini opsional. Jika Anda menerapkannya, utilitas Ekspor memanggilnya untuk menulis metadata khusus implementasi ke dalam file dump Ekspor. Metadata ini mungkin informasi kebijakan, informasi versi, pengaturan pengguna individu, dan sebagainya, yang tidak disimpan dalam katalog sistem. Metadata ditulis ke file dump sebagai blok PL/SQL anonim yang dieksekusi pada waktu impor segera sebelum pembuatan indeks terkait.

Semantik Transaksi selama Eksekusi Metode Indeks

Metode antarmuka indeks (dengan pengecualian metode definisi indeks, ODCIIndexCreate(), ODCIIndexAlter(), ODCIIndexTruncate(), dan ODCIIndexDrop()) dipanggil di bawah transaksi yang sama yang memicu tindakan ini. Dengan demikian, perubahan yang dibuat oleh rutinitas ini bersifat atomik dan dilakukan atau dibatalkan berdasarkan transaksi induk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.