January 24, 2022

Cara Menghapus Halaman Web Dari Indeks Google

Cara Menghapus Halaman Web Dari Indeks Google – Indeks pencarian Google adalah database yang terdiri dari jutaan halaman web yang dari waktu ke waktu bot pencarian Google telah merayapi dan mengumpulkan informasi.

Saat Anda melakukan penelusuran di Google, mesin telusur menelusuri indeksnya dan mengembalikan apa yang diyakini sebagai hasil paling relevan berdasarkan algoritme faktor.

Cara Menghapus Halaman Web Dari Indeks Google

indexunlimited – Dalam kebanyakan kasus, pemilik situs web ingin halaman web mereka muncul di hasil pencarian Google untuk membantu mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka. Namun, ada kasus di mana Anda tidak ingin URL muncul di hasil pencarian atau ingin menghapus URL yang sudah muncul. Saya telah membagikan beberapa contoh mengapa Anda melakukan ini di bawah.

Proses menghapus URL yang ada dari indeks Google dikenal sebagai deindexing. Dalam artikel ini saya akan membahas cara menghapus URL yang ada dari indeks Google dan cara menghindari munculnya URL di masa mendatang, yang merupakan kesalahan kebanyakan orang.

Saya baru-baru ini melakukan tugas ini untuk situs web kami dan saya terkejut melihat betapa sulitnya menemukan proses yang benar. Jadi, dengan cara pemasaran lama yang bagus, jika Anda menemukan celah untuk konten!

Saya menyajikan kepada Anda panduan untuk menghapus indeks URL dari indeks Google dan cara menghindari pengindeksan URL di masa mendatang yang tidak ingin Anda tampilkan di hasil pencarian.

Mengapa Anda perlu mendeindeks URL atau domain dari Google?

Ada banyak alasan mengapa Anda tidak ingin halaman web muncul di Google. Berikut adalah beberapa.

Konten duplikat

Anda memiliki dua halaman dengan konten yang sangat mirip. URL kanonik dapat membantu dalam kasus ini, tetapi jika tujuan halaman, misalnya, kampanye Google Adwords yang menggunakan kembali konten situs yang ada, Anda mungkin tidak ingin menampilkan halaman ini di hasil penelusuran organik.

Ini dapat (meskipun tidak mungkin) digolongkan sebagai konten duplikat. Dalam banyak kasus, halaman arahan Google Adwords Anda akan sangat terfokus pada menghasilkan konversi, dan ini mungkin berarti gaya berbeda dari situs web Anda lainnya.

Versi pengembangan/pengujian URL atau domain Anda

Jika URL yang dipermasalahkan adalah untuk versi pratinjau atau pengembangan situs web Anda, Anda tidak ingin versi pengembangan muncul di Google bersama situs web langsung Anda.

Halaman web pribadi

Halaman yang hanya ingin dilihat pengguna setelah mereka masuk tidak boleh diindeks oleh Google.

Konten usang

Mungkin Anda memiliki konten yang perlu diperbarui, tetapi Anda tidak punya waktu untuk melakukannya sekarang. Anda dapat menghapus halaman dari situs web Anda atau meminta Google mendeindeks halaman untuk sementara.

Cara menghapus URL atau domain dari indeks Google

Untuk menghapus URL dari hasil pencarian Google, ikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini. Proses ini akan menghapus URL dari indeks Google untuk sementara selama 6 bulan.

Anda harus mengikuti tahap selanjutnya – menghentikan URL atau domain agar tidak muncul di indeks Google – untuk memastikan bahwa ketika deindex sementara dicabut, Google tidak mengindeks ulang URL tersebut.

Langkah 1) Buat daftar URL atau domain yang ingin Anda hapus dari indeks Google.

Langkah 2) Buka akun Google Search Console Anda dan masuk – https://search.google.com/search-console/

Jika Anda tidak memiliki akun Google Search Console, Anda dapat membuatnya dari tautan di atas. Ini akan meminta Anda untuk menambahkan properti ke konsol pencarian Anda. Untuk panduan, lihat cara menambahkan properti Google Search Console .

Langkah 3) Pilih properti yang berisi URL yang ingin Anda hapus dari indeks Google. Anda mungkin memiliki beberapa properti. Misalnya, Anda mungkin memiliki properti untuk setiap subdomain atau setiap versi domain Anda – https://www, http://www, tanpa http/s, atau tanpa www. Properti yang Anda butuhkan adalah yang cocok dengan URL yang ingin Anda hapus dari Google. Klik tautan itu dan lihat di versi domain mana URL itu berada.

Baca Juga : Berapa Lama Google Mengindeks Situs Baru

Langkah 4) Klik Penghapusan dari menu sebelah kiri.

Langkah 5) Klik tombol merah berlabel New Request .

Langkah 6) Masukkan URL lengkap (termasuk http/s dan www jika diperlukan – tergantung pada properti yang Anda pilih).

Langkah 7) Jika Anda hanya ingin menghapus URL, pilih Hapus URL ini saja . Jika Anda ingin menghapus domain root dan setiap URL di dalamnya, pilih Hapus semua URL dengan awalan ini . Untuk melakukan ini, hanya masukkan domain root, bukan jalur URL lengkap untuk halaman internal. Misalnya, saya akan memasukkan https://www.contensis.com jika saya ingin menghapus semua URL di domain ini. Saya akan memasukkan https://www.contensis.com/product/features untuk menghapus URL ini saja.

Langkah 8) Klik Berikutnya .

Penafian: Permintaan ini bersifat sementara. Google akan menghapus URL dari indeks pencariannya sekarang, tetapi setelah 6 bulan ia akan dapat mengindeks ulang URL tersebut. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk langsung melanjutkan ke tahap berikutnya di bawah ini.

Cara menghentikan URL atau domain agar tidak muncul di hasil pencarian Google

Sebelum kamu melakukan apapun

Sebelum melakukan hal lain, Anda harus memeriksa file robots.txt untuk memastikan bahwa Anda belum memblokir Google agar tidak merayapi URL yang dimaksud. Jika ya, Anda harus menghapus ini.

Ini mungkin terdengar aneh, namun, jika Google tidak dapat merayapi situs web Anda, ia tidak dapat menemukan tag noindex baru yang akan Anda tempatkan di header halaman tertentu. Tag ini akan memberitahu Google untuk tidak mengindeks halaman (lebih lanjut tentang ini nanti).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *