January 25, 2022

Berapa Lama Google Mengindeks Situs Baru

Berapa Lama Google Mengindeks Situs Baru – Dibutuhkan antara 4 hari dan 4 minggu agar situs web baru Anda dirayapi dan diindeks oleh Google. Namun, kisaran ini cukup luas dan telah ditentang oleh mereka yang mengklaim telah mengindeks situs dalam waktu kurang dari 4 hari.

Meskipun mesin pencari Google yang tak ada bandingannya bekerja pada suatu algoritma, matematika abadi yang terjadi di balik layar tidak dapat menghasilkan satu jawaban yang solid untuk kita.

Berapa Lama Google Mengindeks Situs Baru

indexunlimited – Namun, pedoman 4 hari hingga 1 bulan memberi sedikit kenyamanan bagi webmaster sementara mereka menunggu untuk melihat di mana halaman mereka akan muncul di halaman hasil pencarian raksasa.

Bagaimana Situs Dirayapi dan Diindeks oleh Google

Seluruh proses pengindeksan ditangani oleh algoritme penelusuran Google dan bot seperti Googlebot , yang memiliki batasan kecepatan perangkat keras dan ruang fisik untuk server di dunia nyata.

Bot berjalan terus-menerus saat mereka mengubah bidang digital tak berujung dari informasi yang hilang menjadi lebih dari 100.000.000 gigabyte indeks . Dengan cara ini, Google membuat peta perpustakaan tak terbatas dari Internet yang terlihat.

Googlebot , robot digital perayapan web yang dilengkapi algoritme, mulai menjelajahi Internet dan berhenti di situs web.

Ketika menemukan sebuah situs, ia membaca informasi di situs web sesuai dengan instruksi yang diuraikan dalam file robots.txt situs . Bot seperti Googlebot lebih suka membaca teks dan mengikuti tautan yang mereka temukan untuk menyimpan lebih banyak informasi, dan akan mengikuti peta situs yang disediakan oleh webmaster.

Konten yang ditemukan bot dan isi konten tersebut dikirim kembali ke server Google, tempat konten tersebut ditambahkan ke database.

Informasi dalam database diumpankan ke program komputer yang melacak situs mana yang harus dirayapi, seberapa sering bot harus mengunjunginya, dan jumlah halaman yang akan diambil.

Program lain menentukan relevansi dan nilai konten di situs yang dirayapi dan memberi penghargaan kepada situs yang memenuhi kriteria ketat Google dengan peringkat di dekat awal hasil pencarian.

Googlebot memiliki ketertarikan pada situs baru, perubahan pada situs yang ada, dan tautan mati. Jika Anda adalah pemilik situs baru dan ingin situs Anda diindeks secepat mungkin, Anda mungkin ingin menyoroti situs Anda menggunakan beberapa metode yang tercantum di bawah ini sehingga bot yang mencari bacaan baru tertarik ke domain Anda .

Baca Juga : Gimana Pencarian menata informasi Terkait indeks Website

Bisakah Saya Membuat Indeks Google Lebih Cepat?

Ya, banyak webmaster telah menemukan bahwa mengambil langkah-langkah untuk memberi sinyal kepada Google bahwa Anda memiliki situs web baru dan nyata yang penuh dengan potensi membuat waktu pengindeksan lebih dekat ke kisaran yang lebih rendah dari 4 hari hingga 4 minggu.

Langkah-langkahnya mengikuti logika bahwa membuat situs Anda terlihat di ranah digital juga akan membuatnya menonjol di Googlebot.

Bangun Situs yang Dapat Diindeks

Sebelum menghubungkan situs Anda ke saluran yang ada di Internet, pastikan struktur situs Anda siap untuk presentasi pertama. Berikan hal berikut ke Googlebot:

Nilai – Menghasilkan konten dengan teks yang dapat dirayapi oleh Googlebot
Kemudahan Penggunaan – Pastikan Anda memiliki rasio teks ke kode yang tinggi untuk mendukung teks
Navigasi – Sertakan bilah navigasi yang menautkan ke semua konten utama dan permanen di situs Anda
Bahasa Asli – Gunakan URL pada alamat web dan teks alternatif pada gambar yang menjelaskan konten situs
Kesederhanaan – Minimalkan Javascript atau kode untuk memuat setelah HTML (karena Googlebot membaca teks dan mendapat sinyal pentingnya teks dari HTML)
Arah – Periksa robots.txt Anda untuk melihat apakah itu memungkinkan Googlebot merayapi situs Anda dengan benar
Ini adalah dasar-dasar pengoptimalan mesin pencari yang membuka pintu ke situs web Anda setelah bot menemukannya. Penundaan dalam pengindeksan dapat disebabkan ketika Googlebot tidak dapat masuk meskipun ia melihat situs Anda dengan jelas.

Siapkan Google Analytics

Google Analytics adalah alat analisis web gratis dan komprehensif yang mengumpulkan dan mengatur data lalu lintas situs web ke dalam laporan yang dapat disesuaikan.

Menghubungkan Google Analytics ke situs web Anda adalah cara untuk mengatakan “Halo!” Ke google. Meskipun data mungkin tidak muncul di Google Analytics hingga situs web Anda diindeks, data tersebut masih mengirimkan sinyal ke Google bahwa Anda serius membangun kehadiran web Anda.

Siapkan Search Console

Google Search Console , sebelumnya Alat Webmaster Google, memberi Anda informasi lebih mendalam tentang bagaimana situs web Anda muncul di Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP) dan melaporkan kepada Anda ketika Googlebot memiliki masalah dalam merayapi dan mengindeks situs Anda.

Sebelum situs Anda awalnya diindeks, Anda tidak akan menerima data konsol pencarian apa pun. Tetapi menunjukkan kepada Google bahwa Anda mengaktifkan layanan Google secara manual mengirimkan lampu hijau lain ke Googlebot, yang sedang mencari semua lampu hijau yang dapat ditemukannya.

Sebagai bonus, menyiapkan Google Search Console juga akan membantu Anda mencari kesalahan perayapan sehingga Anda dapat menemukan cara untuk memperbaikinya.

Jika Anda ingin membuat peta situs, yang merupakan garis besar kasar situs Anda yang dioptimalkan untuk bot, manfaatkan Google Sitemap Generator.

Meskipun banyak alat kurasi konten dan kit pengembangan situs web sekarang menghasilkan peta situs mereka sendiri, Anda masih harus mengirimkannya melalui Google Search Console. Untuk melakukannya, pilih Peta Situs di bawah Perayapan di Google Search Console dan klik tombol Tambah/Uji Peta Situs .

Google Ambil & Render

Anda dapat meminta Google secara manual untuk mengirim bot ke situs web Anda melalui opsi Fetch & Render atau opsi Kirim URL di Google Search Console.

Google tidak menjamin bahwa mengirimkan URL Anda akan menghasilkan perayapan atau pengindeksan. Selain itu, meskipun Google dapat merender situs web Anda, mengambilnya mungkin tidak memberikan hasil yang cepat. Namun, melakukan salah satu atau keduanya meningkatkan kemungkinan deteksi dini oleh Googlebot.

Catatan : Setelah melakukan fetch & render, Search Console akan memberikan opsi untuk mengindeks apa yang diambil. Mengklik opsi ini semakin meningkatkan peluang Anda untuk terlihat.

Dapatkan Tautan

Meraih tautan ke situs Anda sebelum diindeks menciptakan jalur ke situs Anda di situs web yang sudah dirayapi Google. Hanya mendapatkan tautan tidak semudah kedengarannya.

Anda harus mencari di web untuk tempat-tempat yang Anda percayai, sebagai balasannya mempercayai Anda, dan cukup percaya pada situs web Anda untuk menawarkan tautan kepada Anda.

Pendekatan jaringan dan pemasaran tradisional dapat membantu Anda mendapatkan tautan, jadi jangan takut untuk mencari jalan yang sebenarnya untuk mencari tautan yang akan mempercepat pengindeksan.

Mulai Penjangkauan
Saat Anda mencari tautan, mulailah mengembangkan hubungan digital dengan audiens target Anda, pemilik bisnis lain, webmaster melalui penjangkauan. Kamu bisa:

Kirim email ke koneksi potensial
Cari peluang menulis tamu dan blogging
Daftarkan situs Anda di direktori (direktori blog, direktori bisnis, dll.)
Kirim siaran pers

Kami berada di zaman yang dikuasai oleh media sosial, dan apakah Anda menikmatinya atau tidak, mereka yang menginginkan perhatian pada situs web mereka dan pengindeksan cepat harus menggunakan alat media sosial sebagai sarana untuk membuat tautan, pelanggan, dan penggemar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *