September 30, 2022

9 Cara Cepat dan Mudah untuk Mengindeks Situs Web Anda di Google

9 Cara Cepat dan Mudah untuk Mengindeks Situs Web Anda di Google – Apakah Anda ingin tahu cara mengindeks situs web Anda di Google sehingga muncul di hasil pencarian?Saat pengguna melakukan penelusuran, Google menggunakan indeksnya untuk mencari konten yang paling relevan agar sesuai dengan penelusuran. Ini berarti bahwa jika situs web Anda tidak diindeks, itu tidak ada di mesin pencari Google.

9 Cara Cepat dan Mudah untuk Mengindeks Situs Web Anda di Google

 Baca Juga : Cara Membuat Google Mengindeks Situs Web Saya (Langkah Sederhana) 

indexunlimited – Dan itu akan menjadi berita buruk jika Anda ingin mengarahkan lalu lintas organik ke situs Anda. Jadi dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada Anda 9 cara cepat dan mudah untuk mengindeks situs web Anda di Google. Kami juga akan menjelaskan apa itu indeks Google dan bagaimana cara memeriksa apakah Google telah mengindeks situs Anda.

Apa Itu Indeks Google?

Indeks Google hanyalah daftar semua halaman web yang telah dirayapi dan diketahui oleh Google. Jika Google tidak mengindeks situs web Anda, itu tidak akan muncul di hasil pencarian. Tidak ada yang akan menemukan situs Anda, yang tidak baik untuk bisnis… Sekarang Anda mungkin mengerti mengapa pengindeksan sangat penting untuk menentukan peringkat di Google.

Karena ada banyak kata rumit dalam posting ini, kita akan mulai dengan mendefinisikan beberapa istilah kunci, jadi Anda tahu apa yang kita bicarakan:
1. Pengindeksan, proses menyimpan halaman web dalam indeks Google (basis data)
2. Perayapan, proses mengikuti hyperlink di web untuk menemukan konten baru
3. Googlebot, web spider, Perangkat lunak Google yang secara sistematis menelusuri web untuk konten baru dengan mengikuti tautan
Sekarang setelah Anda mengetahui apa arti istilah-istilah kunci ini, mari kita lihat cara mengindeks situs web Anda di Google selanjutnya.

Cara Mengindeks Situs Web Anda di Google

Seperti disebutkan, Google menggunakan indeksnya untuk mencari dan menampilkan konten yang paling relevan saat pengguna melakukan pencarian. Ini berarti bahwa Google harus dapat menemukan situs web Anda untuk diindeks dan ditampilkan di hasil pencarian.Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan raksasa pencarian akan mengindeks situs Anda.Karena ini adalah pos yang komprehensif, Anda dapat mengeklik tautan cepat ini untuk langsung membuka bagian yang berbeda:

1. Periksa Pengaturan WordPress buat Visibilitas Mesin Pencari

Untuk memulai, Anda perlu memastikan situs WordPress Anda terdaftar di mesin pencari. Anda dapat dengan mudah melihat ini dengan masuk ke Pengaturan »Jelajahi halaman dan gulir ke bawah ke opsi Lihat Mesin Pencari. Pastikan untuk menonaktifkan opsi ini agar mesin telusur dapat mengindeks dan merayapi situs Anda. Sekarang mari kita beralih ke cara mengirim situs web Anda ke Google.

2. Kirim Situs Web Anda ke Google Search Console

Google Search Console, sebelumnya dikenal sebagai “Alat Webmaster Google,” adalah layanan gratis yang tersedia untuk semua pemilik situs web.Ini menunjukkan kepada Anda bagaimana Google mengindeks dan menambahkan situs Anda ke hasil pencarian Google sehingga Anda dapat memastikan orang yang tepat melihat situs web Anda.Anda dapat dengan mudah mengirimkan situs web Anda ke Google Search Console dan memeriksa apakah halaman web Anda diindeks menggunakan plugin SEO terbaik untuk WordPress, All in One SEO (AIOSEO) .Untuk memulai, buka Pengaturan Umum di menu All in One SEO , lalu klik tab Alat Webmaster .Sekarang, navigasikan ke Google Search Console dan salin tag verifikasi HTML. Jika Anda belum menambahkan situs Anda, Anda dapat melihat panduan kami tentang cara menambahkan Google Search Console ke situs web WordPress Anda . Selanjutnya, klik pada blok Google Search Console dan paste tag HTML ke kolom Google Verification Code .Kemudian, kembali ke Google Search Console dan klik tombol Verifikasi .Google Search Console akan mencari tag HTML dalam kode situs Anda dan akan menampilkan pesan terverifikasi Kepemilikan .Anda sekarang telah memverifikasi situs web Anda dengan Kontrol Pencarian Google dan memastikannya akan diindeks.

Catatan: Jika Anda tidak melihat pesan ini, maka Anda perlu mengosongkan cache WordPress Anda . Ini akan memastikan bahwa Google dapat mengakses versi terbaru situs Anda. Sekarang, yang Anda butuhkan hanyalah sedikit kesabaran karena situs Anda tidak akan diindeks dalam semalam. Ini akan memakan waktu cukup lama, tetapi ada beberapa cara untuk mempercepat proses pengindeksan. Mari kita lihat bagaimana agar situs WordPress Anda diindeks lebih cepat oleh mesin pencari.

3. Buat Peta Situs XML

Peta situs membantu mesin pencari dengan mudah menavigasi konten situs web Anda. Menyediakan daftar semua konten dalam format yang dapat dibaca mesin. Ini juga memberi tahu mesin pencarian tautan dimana di situs Anda yang lebih penting dibandingkan yang lain serta beberapa sering Anda memperbarui situs Anda. Peta Situs sangat berguna ketika Anda pertama kali memulai blog Anda. Atau buat situs web baru. Ini karena sebagian besar situs web baru tidak memiliki banyak tautan balik internal dalam bentuk apa pun. Oleh karena itu, Anda dapat mengindeks semua posting dan halaman penting, bukan hanya konten baru, dengan membuat peta situs XML. Tergantung pada mesin pencari. Cara termudah untuk membuat peta situs XML adalah dengan menggunakan AIOSEO seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Yang terbaik dari semuanya, saat Anda memposting, memperbarui, atau menghapus konten di situs Anda, mesin telusur akan diberi tahu secara otomatis. Juga, peta situs diaktifkan secara default, jadi yang harus Anda lakukan adalah menginstal AIOSEO dan Anda siap untuk pergi.

Aktifkan Peta Situs XML di AIOSEO

Untuk memulai, buka Peta Situs di menu All in One SEO . Selanjutnya, klik General Sitemap di menu navigasi utama atas. Ini akan membuka jendela General Sitemap, di mana Anda dapat melihat bahwa Enable Sitemap diaktifkan.Setelah itu, Anda dapat melanjutkan dan mengklik tombol Buka Peta Situs untuk melihat peta situs XML Anda.Setelah Anda membuka peta situs, Anda akan melihat halaman indeks untuk peta situs XML Anda yang terlihat seperti ini: Sekarang Anda dapat yakin bahwa Google akan mengetahui tentang semua halaman web Anda dan dapat menampilkannya di hasil pencarian.Untuk detail lebih lanjut tentang cara menyesuaikan peta situs Anda, Anda dapat melihat posting kami tentang cara membuat peta situs di WordPress .

4. Kirim Peta Situs Anda ke Google Search Console

Langkah selanjutnya adalah mengirimkan peta situs XML Anda ke Google Search Console.Cukup login ke akun Google Search Console Anda dan pilih situs web Anda.Kemudian, buka Peta Situs di sisi kiri layar dan tambahkan bagian terakhir URL peta situs Anda (sitemap.xml) di bawah bagian Tambahkan peta situs baru , dan klik tombol Kirim .Setelah Google merayapi dan mengindeks situs Anda, Anda akan mulai melihat laporan di konsol pencarian.

5. Optimalkan File Robots.txt Anda

File robots merupakan alat SEO yang kuat karena berfungsi selaku panduan situs web buat bot / robot perayapan mesin telusur. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, penting agar robots.txt Anda memberi izin kepada Google untuk merayapi situs. Di sisi lain, halaman wp-admin tidak diizinkan karena tidak berguna bagi pengunjung Anda dan perlu dirayapi oleh Google. Memberitahu Google untuk tidak merayapi halaman yang tidak perlu dapat membantu meningkatkan peringkat di mesin pencari dan meningkatkan kecepatan halaman.Tetapi ketika menyangkut pengindeksan, Anda perlu memastikan halaman Anda dapat dirayapi dan Anda tidak melarang URL penting apa pun. Sebagai gantinya, Anda dapat memberi tahu bot Google untuk mengizinkan perayapan mereka untuk memprioritaskan URL ini. Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi postingan kami tentang cara mengedit file robots.txt di WordPress .

6. Periksa Tag Noindex Anda

Terkadang Anda mungkin perlu mengecualikan halaman agar tidak muncul di hasil penelusuran Google karena tidak relevan dengan konten situs web Anda. Atau Anda hanya ingin melindungi privasi Anda dan menjauhkan pengguna yang tidak diinginkan.Yang mengatakan, jika halaman tertentu tidak diindeks, mungkin mereka memiliki tag noindex.Cara termudah untuk memeriksa ini adalah dengan menggunakan Google Search Console. Setelah Anda masuk ke akun, Anda cukup membuka tab Cakupan di menu sebelah kiri dan mencari pesan: Dikecualikan oleh tag ‘noindex’ .Jika Anda melihat pesan ini, Anda harus kembali ke Pengaturan WordPress »Baca (seperti yang kami tunjukkan sebelumnya) dan periksa agar mesin pencari Disourage dari pengindeksan situs ini tidak dicentang.Jika opsi ini dicentang, Anda harus menghapus centang dan mengklik tombol Simpan Perubahan .Tetapi jika bukan itu masalahnya, langkah selanjutnya adalah melihat apakah URL Anda nofollow. Kami akan menjelaskan alasannya selanjutnya.

7. Hapus Tautan Nofollow

Ketika Googlebot menemukan tautan nofollow, ia menandai ke Google bahwa ia harus menghapus tautan ini dari indeksnya. Jadi, Anda perlu memastikan untuk menghapus tautan internal nofollow. Cukup cari atribut tautan rel=“nofollow” dan hapus. Anda dapat melakukannya langsung dari kode HTML atau dengan menggunakan editor blok WordPress. Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan kunjungi cara menambahkan tautan nofollow di WordPress .

8. Buat Tautan Internal di Situs Web Anda

Salah satu cara paling efektif untuk mendorong perayapan dan meningkatkan indeksasi situs web Anda adalah melalui tautan internal.Jalur yang diambil laba-laba perayapan melalui web dibentuk oleh tautan. Ketika satu halaman terhubung ke halaman lain, laba-laba mengikuti jalur itu.Jadi, Anda harus fokus membuat tautan ke dan dari semua halaman terpenting Anda. Ini memberi tahu Google, serta pengunjung situs web Anda, tentang konten baru dan penting Anda. Anda dapat menemukan detail lebih lanjut tentang tautan internal di daftar periksa SEO posting blog kami .

9. Bangun Tautan Balik Berkualitas Tinggi

Google mengakui bahwa halaman dapat dipercaya jika ditautkan secara teratur oleh situs web otoritas. Dengan kata lain, backlink juga memberi tahu Google bahwa suatu halaman harus diindeks.Anda dapat melihat posting kami tentang 30 peretasan SEO yang dijamin akan meningkatkan lalu lintas Anda jika Anda ingin tahu cara membangun tautan balik.

Cara Memeriksa Apakah Google Telah Mengindeks Situs Web Anda

Kami hampir selesai, tetapi pertama-tama, kami akan menunjukkan kepada Anda 2 cara cepat dan mudah untuk memeriksa apakah Google telah mengindeks situs Anda:

-Periksa URL Anda Menggunakan Google Search Console

Untuk memulai, Anda dapat memeriksa halaman web Anda menggunakan Alat Inspeksi URL Google Search Console.Untuk melakukannya, buka alat Inspeksi URL . Selanjutnya, rekatkan URL yang ingin Anda indeks ke dalam bilah pencarian dan tunggu Google memeriksa URL tersebut. Jika sudah terindeks, Anda akan melihat tanda centang hijau diikuti dengan teks “ URL ada di Google ”.Jika URL tidak diindeks, klik tombol Minta Pengindeksan , dan hanya itu.

-Gunakan Google untuk Melihat Apakah Situs Anda Terindeks

Anda juga dapat menggunakan Google untuk melihat apakah situs Anda diindeks. Cukup buka Google dan ketik pencarian untuk site:yourwebsite.com .Seperti dalam contoh ini:Angka tepat di bawah pencarian menunjukkan secara kasar berapa banyak halaman Anda yang telah diindeks oleh Google.Dan jika Anda ingin memeriksa status indeks URL tertentu, gunakan proses yang sama, tetapi gunakan URL lengkap sebagai gantinya.Jika URL tidak diindeks, tidak ada hasil yang akan muncul, dan Anda dapat meminta pengindeksan di Google Search Console.Kami harap posting ini membantu Anda mempelajari cara mengindeks situs web Anda di Google. Gunakan tips ini untuk membantu mempercepat proses pengindeksan situs Anda dan itu akan muncul di hasil pencarian sebelum Anda menyadarinya.Jika Anda ingin meningkatkan upaya SEO Anda ke tingkat berikutnya, kami memberikan banyak tip hebat tentang cara meningkatkan peringkat mesin pencari dan mengoptimalkan posting blog Anda . Juga, jangan lupa untuk melacak peringkat SEO Anda menggunakan Google Analytics .

Leave a Reply

Your email address will not be published.